Permaian (Ice Breaking)_part 4: Sahabat Rahasia

stalker

Dalam sebuah pertemuan, training, workshop, atau apapun yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, hal yang paling berat adalah membuat para peserta menjadi akrab. Ada banyak metode untuk hal ini, termasuk yang akan kita bahas dalam tulisan ini.

permainan atau ice breaking ini disebut dengan Sahabat Rahasia. Bentuk permainan atau ice breaking ini di sini dijelaskan dalam bentuk yang sedikit sudah dimodifikasi. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, panitia menuliskan nama-nama setiap peserta dalam kertas-kertas kecil. Gulung kertas kecil sampai rapat dan tulisan tidak terbaca.

Kedua, di hari pertama di sesi perkenalan bagikan kertas-kertas tersebut pada semua peserta. Jika ada peserta yang mendapat kertas berisi namanya sendiri, maka tukarkan kembali kertas tersebut ke panitia sampai tidak ada satu peserta pun yang mendapat namanya sendiri.

Ketiga, jelaskan aturan permainannya yaitu setiap peserta HARUS merahasiakan siapa nama dalam kertas yang dipegang. Setelah itu, semua peserta berkewajiban mencari tahu tentang orang yang ada di dalam kertas yang dipegangnya tersebut.

Informasi yang dikumpulkan mengenai orang tersebut, atau ‘Sahabat Rahasia’, harus bersifat informasi unik, konyol atau lucu, tidak diketahui banyak orang, atau cerita-cerita yang menarik atau inspiratif atau prestasi. PASTIKAN bahwa peserta tidak mencari informasi yang menjelek-jelekan SARA, bersifat menghina fisik, melukai perasaan orang, dan informas-informasi sensitif yang tidak selayaknya diungkapkan ke publik.

Keempat, di akhir pelatihan, peserta diminta untuk mempresentasikan temuan-temuannya. Presentasi dibuat selucu-lucunya dengan menggunakan media bebas. Bisa menggunakan foto, video, presentasi, kertas, gambar, atau hal-hal lain sekreatif mungkin.

Untuk itu, berikan waktu pada peserta untuk mempersiakan materi presentasi ini. Misalnya malam terakhir bebaskan peserta dari tugas lainnya, dan fokus pada permainan ini.

Bagi peserta yang berhasil mengumpulkan informasi-informasi unik dari Sahabat Rahasianya maka diberikan hadiah oleh panitia dan dinyatakan sebagai pemenang. Buatlah suasana semeriah mungkin.

Permainan ini bisa dilakukan dua kali untuk training, workshop, atau acara yang panjang, 4 hari atau lebih. Pengundian dilakukan di hari pertama saat kenalan, dan presentasi dilakukan di hari kedua malam hari. Setelah presentasi dilakukan, maka pengundian dilakukan lagi dan dipresentasikan di hari keempat atau hari terakhir, jika acaranya 4 hari.

Biasanya permaian putaran kedua lebih seru karena peserta sudah mulai akrab satu sama lain dan mulai terbuka. Pemberian hadiah juga menambah motivasi dan kemeriahan dalam permainan ini.

One Reply to “Permaian (Ice Breaking)_part 4: Sahabat Rahasia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *