Penipuan Online: Tips Untuk Menghidarinya (2)

Melanjutkan tulisan sebelumnya tentang penipuan yang banyak terjadi di TokoBagus.com, berikut ini pengalaman saya lagi berhubungan lagi dengan penipu. Saat ini saya sedang mencari laptop second untuk keperluan kantor, dan berbagai web market-place pun dibuka untuk hunting barang yang terbaik.

Seperti biasa, menggunakan kata kunci kemudian tampillah sederet produk yang ingin kita cari. Dalam sekali lihat kita bisa tahu mana yang penipu dan bukan. Seperti contoh berikut:

Screen Shot 2014-05-09 at 11.22.10 AM

Iklan ini 90% bisa dikatakan penipuan karena harganya terlalu murah, tidak masuk akal dengan speks komputer seperti itu namun dijual dengan harga 2,7 juta. Sakit jiwa jika ada orang yang menjual dengan harga itu, atau mungkin samasekali tidak tahu soal harga. Yang mana kemungkinan hal ini terjadi sangat kecil. Jadi, pertama perhatikan harga, apakah rasional atau tidak.

Kedua, perhatikan gambar. Selain seperti tips pada tulisan sebelumnya, periksa juga sumber gambar. Paling gampang gunakan Google Image. Setelah ditelusuri hasilnya seperti ini. Ada di Kaskus, dan dijual dengan harga 9,750 juta. Nah ini baru masuk akal.

Screen Shot 2014-05-09 at 11.27.55 AM

Selain itu, jika anda iseng dan sedang menganggur, mari kita kerjai saja para penipu tersebut. Saya meng-SMS tiga iklan yang berindikasi kuat sebagai penipu. Saya ajak untuk COD (cash on delivery), namun cuma 1 saja yang membalas. Karena membalas, maka dengan senang hati saya ladeni. Hehehehe :D. Berikut percakapan saya:

Skrinshut

 

Selamat menikmati bercanda gurau dengan para penipu online 😀

One Reply to “Penipuan Online: Tips Untuk Menghidarinya (2)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *