Permaian (Ice Breaking)_part 5: Gajah dan Semut

Dr_Seuss_Horton_Hears_a_Who3

Setelah hampir 2 tahun puasa mengisi training, akhir-akhir ini tiba-tiba saja kesempatan untuk memegang mic di atas panggung muncul lagi. Bahkan cukup sering daripada yang diduga. Tentu selain soal public speaking yang harus terus dilatih, ada satu hal penting yang tidak boleh dilupakan yaitu ice breaking.

Seperti tulisan-tulisan lainnya di kategori ice breaking ini, saya lanjutkan lagi menulis game. Gami kali ini adalah game lama yang teringat kembali saat mengisi training yang terakhir sebelum tulisan ini dibuat.

Nama game atau permainan ini adalah Gajah dan Semut. Sebenarnya saya tidak tahu nama pasti dari game ini, karena selalu diturunkan dari satu trainer ke trainer lainnya. Berikut aturan mainnya:

1. Ajak semua peserta untuk berdiri dan melakukan relaksasi. Tekankan pada peserta bahwa permainan ini adalah permainan untuk mengasa konsentrasi. Sehingga ini sangat baik diterapkan pada saat-saat dimana peserta sudah mulai mengantuk dan kehilangan konsentrasi.

2. Tanyakan pada peserta berapakah ukuran tubuh gajah. Tentu semua akan menjawab ukurannya besar. Namun mintalah pada peserta untuk menunjukan dengan tangan seberapa besar gajah tersebut. Tentu, lagi, peserta akan memutar tangannya dan membuat lingkaran besaarrr untuk menunjukan bahwa gajah tersebut sangat besar.

3. Sebaliknya, tanyakan pada peserta seberapa ukuran semut itu. Tentu jawabannya kecil, dan mintalah untuk menunjukannya dengan tangan mereka. Tentu gerak tangan mereka akan berbeda, ada yang membentuk lingkaran kecil dan ada yang menjentikan kelingkingnya untuk menunjukan betapa kecilnya semut tersebut.

4. Lakukan percobaan pertama, minta semua peserta menggambarkan gajah dan mereka biasanya akan menjawab: “Besaaarrrr” sambil tangannya membuat lingkaran besar. Minta mereka menggambarkan semut maka hampir semuanya akan menjawab: “Keccillll” sambil tangannya membentuk lingkaran yang kecil sekali.

5. Permainan dimulai. Aturannya adalah setiap trainer menunjuk salah satu peserta dan menyebutkan kata Gajah misalnya, maka peserta yang ditunjuk tersebut harus melukiskan sebaliknya yaitu menyebut kata Besaaarrr namun tangannya harus menyimbolkan sesuatu yang kecil (lingkaran kecil). Sebaliknya, misalnya instruktur menyebut semut maka peserta yang ditunjuk mengatakan Keccillll namun tangannya melukiskan hal yang besar (lingkaran besarr).

6. Untuk menyemarakan suasana, ajak peserta untuk bernyanyi permainan ini yaitu Gajah Gajah Gajah, Semut Semut Semut, Gajah Semut Semut, Semut Gajah Gajah, Gajah Semut Gajah Semut, Semut Gajah Semut Gajah; kemudian langsung tunjuk secara mendadak dan mengejutkan pada satu peserta dan katakan Semut! Maka peserta harus mengatakan Kecccilll tapi tangannya membentuk lingkaran besarr. Nyanyikan lagi lagu tersebut dan secara mendadak lagi tunjuk secara acak peserta dan katakan Gajah (atau apapun yang dikehendaki). Bagi peserta yang tidak konsentrasi maka tentu permainan ini akan sangat sulit dilalui.

7. Nyanyian dalam ritme pelan akan membuat permainan ini relatif mudah. Oleh sebab itu naikkan tempo atau ritme nyanyian sehingga peserta tergesa-gesa menyanyi dan dengan mendadak kita tunjuk peserta! Caapppp! Maka peserta akan kaget dan bingung menjawab dan bergerak seperti apa. Biasanya, dari pengalaman saya, sangat banyak peserta yang salah yaitu berkata Besaarr dan tangannya juga melukiskan besarr, atau sebaliknya.

8. Jika pesertanya sudah jago dan konsentrasinya tinggi, selain menaikan ritme lagu, buatlah kombinasi. Kombinasinya misalnya menambahkan kata Tinggi dan Pendek, misalnya Jerapah dan Kancil. Terapan aturan kebalikan seperti Gajah dan Semut tadi, sehingga Jerapah dikatakan “Tinggiii” namun posisi tubuh jongkok. Sedangkan Kancil dikatakan “Pendeekk” namun posisi tubuh menjinjit tinggi.

9. Sambil bernyanyi Gajah dan Semut, tunjuk dengan tiba-tiba salah satu peserta secara acak dan katakan “Gajah dan Kancil”, maka peserta harus mengatakan “Besaaarrr” dengan tangan membuat lingkaran kecil, setelah itu mengatakan “Pendeekkk” sambil tubuh menjinjit tinggi. Begitu seterusnya.

Selamat bermain 🙂

PS: Lagu Gajah-Semut tentu ada nadanya, cuma saya tidak bisa menulis tangga nada. Sehingga jika ada yang tertarik, telpon saya saja ya. Hehehe 😀

*Gambar diambil dari “Dr Seuss’ Horton Hears a Who!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *