Permainan (ice breaking)_part 7: Menilai dengan Lebih Baik

Who-are-you-to-judge-peopleMinta dua orang relawan untuk datang ke depan. Fasilitator bagikan dua amplop berisi uang pada dua relawan tersebut. Kemudian masing-masing relawan tersebut mendonasikan uang yang ada di amplop tersebut. Kemudian ada satu relawan yang berperan sebagai orang tua renta yang sebatang kara.

Relawan pertama mendonasikan hanya 5 ribu rupiah kepada orang tua tersebut. Sedangkan relawan kedua mendonasikan 100 ribu rupiah. Kemudian tanyakan kepada semua peserta, mana diantara dua orang relawan tersebut yang lebih bermurah hati, khususnya dari sudut pandang si orang tua tersebut?

Secara umum,  atau setidaknya menurut orang tua yang menerima sedekah tersebut, bahwa relawan kedua yang lebih bermurah hati karena menyumbangkan 100 ribu.

Namun, ternyata relawan pertama hanya memiliki uang 5 ribu dalam amplopnya. Sedangkan relawan kedua memiliki jutaan dalam amplopnya. Jadi mana yang lebih murah hati?

Diskusikan dengan semua peserta. Jangan terlalu mudah melakukan penilaian. Cari tahu latarbelakang setiap persoalan dan pastikan bahwa kita tidak melakukan penilaian secara sepihak atau parsial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *